Sabtu, 28 Maret 2009

Demam Tifoid

Definisi

demam tifoid, demam, makanan, usus

Demam tifoid merupakan penyakit yang disebabkan oleh kuman yang bernama Sa lmonella typhi. Awal dari perubahan ini adalah bertahap. Bakteri ini hanya dalam kehidupan manusia, dan ada orang yang mungkin operator, yaitu infeksi yang ada, namun tidak ada gejala penyakit karena bakteri tinggal dalam darah atau di dalam usus dan ditemukan dalam tinja dan air seni. Ini merupakan penyakit yang dapat membahayakan kehidupan.

Faktor-faktor risiko

Thyroid demam biasa terjadi di daerah-daerah miskin di mana kebersihan dan kontaminasi air dengan kotoran. It ditularkan melalui konsumsi makanan dan air ketularan dengan air kencing atau kotoran pasien dan operator. Sering infeksi adalah sumber air, es krim, sayuran, buah-buahan, salads kejangkitan buruk dan ikan matang.

Tanda-tanda dan gejala

Pada periode inkubasi, waktu antara infeksi dan perkembangan gejala adalah 3 sampai 60 hari, rata-rata 8 sampai 14 hari. Manifested oleh:



1. Demam tinggi
2. Keras kepala
3. Kegelisahan di seluruh tubuh
4. Penurunan nafsu makan
5. Abdominal pain
6. Batuk kering di hari pertama sakit
7. Munculnya ruam datar pink di dada
8. Sembelit atau diare
9. Penurunan denyut jantung

Demam adalah variabel, dan mungkin sedang atau intens. Orang yang tidak dapat diobati demam untuk minggu atau bulan.

Diagnosis

Diagnosis dapat dibuat untuk mengisolasi bakteri dari darah dan sumsum tulang pada pasien, tetapi juga dapat ditemukan dalam feces dan air seni.

Pengobatan

Deteksi dini sangat penting untuk mengisolasi perut terdiri dari terpisah mencuci pakaian dan piring peralatan yang digunakan oleh pasien immersing di sebuah solusi dengan 200 ml bleach lima per galon air atau, jika ada cuci dan dishwasher menggunakan mencuci dengan suhu di atas 80 derajat. Perawatan harus selalu berada di bawah pengawasan medis. Yang paling digunakan adalah antibiotik chloramphenicol. Karena racun di Spanyol yang paling sering digunakan bersama-trimoxazole atau ampicillin. Amoxicillin dicadangkan untuk wanita hamil.

Pencegahan

Kuncinya adalah untuk mengendalikan makanan dan pengawetan makanan. Juga cukup baik memperlakukan limbah untuk mencegah pencemaran air minum dari pendidikan dan kesehatan masyarakat. Masing-masing adalah langkah-langkah penting:

* Dasar kebersihan seperti mencuci tangan sebelum makan.
* Jangan makan makanan yang disiapkan di jalan
* Jangan minum es
* Menahan diri dari membuat teh infusions atau di tempat-tempat yang tidak menikmati kepercayaan mereka, kecuali mereka telah diproses dengan benar atau yang telah siap dengan air mineral.
* Jangan makan produk susu, kecuali mereka benar-benar yakin bahwa mereka telah pasteurized.
* The sayuran yang dimasak dan dimakan ketika masih panas. Jika Anda lebih suka makan mentah, Anda harus pra-dip setidaknya lima menit dalam larutan chlorinated dari air minum dengan empat tetes pemutih ke konsentrasi 50 gram per liter khlor.
* Buah harus dicuci sebelum pelarla.
* Ikan dan kerang tidak boleh dikonsumsi mentah, harus direbus sedikitnya sepuluh menit sebelum dikonsumsi. Vaksin tidak sepenuhnya untuk menghindari risiko penyakit. Namun, ada tiga jelas dipasarkan efektif.
* Inactivated vaksin disiapkan dengan suspensions of Salmonella typhi. Subcutaneously dua dosis dengan interval minimal empat minggu. Satu dosis harus administratif setiap tiga tahun kenangan.
* Inactivated vaksin disiapkan dengan antigens suci dari bakteri bertanggung jawab atas penyakit (suci Vi). Satu dosis intramuscularly di delta. Dosis mengingat setiap tiga tahun jika risiko eksposur.
* Vaksin dilemahkan. Disiapkan dengan jenis dari Salmonella typhi genetically dimodifikasi untuk mengurangi aggressiveness. J kapsul diselenggarakan setiap empat puluh delapan jam, dengan dingin cairan kira-kira satu jam sebelum makan siang, untuk melengkapi total tiga. Dosis yang harus administratif untuk mengingat dua belas bulan yang pemilihan harus berdasarkan latar belakang pribadi yang akan menerima vaksin, tempat tujuan, lama tinggal di tempat itu dan keberadaan spesifik contraindications. Melakukan perjalanan ke daerah-daerah endemik, hamba-hamba Vi vaksin adalah salah satu yang memerlukan dosis yang lebih sedikit dan lebih sedikit efek samping, dan mungkin concomitantly administratif dengan antibiotik lainnya, sehingga yang paling dianjurkan.

1 komentar:

  1. Demam tifoid sangat sulit ditegakkan,perlu pemeriksaan yang intensif untuk penegakan diagnosa. kultur memang dapat diandalkan namun biaya dan lamanya hasil yang keluar sering membuat kesulitan dalam penegakkan diagnosa, diharapkan para tenaga kesehatan lebih berhati - hati dalma penegakan demam tifoid, bukan tidak mungkin terjadi misdiagnosa karena sering sekali menegakkan tifoid dari widal test padahal orang normalpun memiliki widal test positif.

    BalasHapus